5 Langkah Cek Rekening Listrik dengan Nama Pemilik Otomatis

Listrik merupakan kebutuhan pokok yang sangat dibutuhkan pada zaman modern ini. Beragam alat elektronik juga membutuhkan listrik dalam mengoperasikannya. Cek rekening listrik harus senantiasa Anda lakukan guna mengetahui jumlah tagihan yang harus dibayarkan. Akan tetapi, bagaimana jika lupa dengan nomor rekening listrik?

Anda tak perlu khawatir dengan hal tersebut. Kini, cara memeriksa rekening listrik tak hanya melalui nomor rekeningnya saja, tetapi sudah bisa diketahui melalui akses dengan nama pemilik otomatis. Bagaimana caranya? Perhatikan 5 langkah untuk memeriksa rekening listrik lewat nama pemilik secara otomatis berikut ini.

  • Mengetahui Nama yang Terdaftar dalam Rekening Listrik

Cara pertama dalam memeriksa rekening listrik menggunakan nama pemilik tentu saja harus mengetahui nama pemilik yang terdaftar dalam rekening listrik tersebut. Pada umumnya, nama yang tercatat dalam rekening listrik adalah nama kepala keluarga. Siapkan nama pemilik rekening sebagai data utama dalam pemeriksaan tagihan listrik lewat nama pemilik.

Selanjutnya, Anda bisa melakukan pemeriksaan nomor rekening secara langsung dengan datang ke kantor PLN terdekat, memeriksa via online, ataupun memeriksa tagihan melalui meteran. Ketiga cara ini sangat mudah dan Anda tinggal memilih yang paling sesuai.

  • Mendatangi Kantor PLN Terdekat

Ketika ingin memeriksa tagihan listrik dan nomor rekening listrik tidak diketahui, maka Anda bisa memeriksanya melalui nama pemilik rekening listrik. Salah satu caranya adalah memeriksa secara langsung dengan dengan mendatangi kantor PLN terdekat. Setelah sampai ke kantor PLN, utarakan saja niat Anda untuk melakukan pengecekan rekening listrik.

Setelah itu, jangan lupa juga untuk memberitahukan bahwa Anda akan melakukan pengecekan melalui nama pemilik rekening listrik. Dengan demikian, petugas akan membantu Anda untuk memeriksa rekening listrik. Setelah proses pemeriksaan selesai, Anda akan diberikan informasi terkait tagihan listrik dengan tanggal jatuh tempo dan status bayar.

  • Memberikan KTP untuk Pemeriksaan

Cara cek rekening listrik dapat dilakukan melalui nama pemilik rekening dan bisa dilakukan melalui pengecekan manual di kantor PLN, secara online, ataupun via meteran. Jika Anda memilih untuk melakukan pemeriksaan rekening secara langsung ke kantor PLN, maka jangan lupa untuk membawa KTP dari pemilik rekening listrik.

KTP tersebut digunakan sebagai bukti pemeriksaan nama pemilik rekening dengan nama yang tertera dalam data di komputer pihak PLN. Apabila terdapat kesesuaian nama dan data lainnya, maka selanjutnya petugas akan memeriksa rekening listrik yang bersangkutan. Setelah proses selesai, petugas akan memberikan informasi tagihan listrik.

  • Memeriksa Rekening Listrik Via Online

Selain pemeriksaan secara langsung melalui kantor PLN, Anda bisa memeriksa rekening listrik secara online meskipun menggunakan nama pemilik rekening. Anda bisa mengunjungi situs online. Agar aman, gunakan saja situs resmi dari PLN. Caranya cukup mudah, yaitu dengan mengisi kolom nama menggunakan nama pemilik rekening listrik.

Setelah pengisian nama selesai, maka secara otomatis akan muncul data keseluruhan dari rekening listrik. anda bisa mengetahui informasi tagihan listrik secara lengkap meliputi jumlah tagihan, tanggal jatuh tempo, hingga status pembayaran (sudah dibayar atau belum).

  • Memeriksa Tagihan Lewat Meteran

Solusi terakhir yang bisa dilakukan ketika nomor rekening listrik tidak diketahui dan data pembayaran sebelumnya tidak ditemukan, maka cara memeriksa rekening listrik bisa dilakukan melalui meteran. Tanpa harus mengetahui nomor rekeningnya, Anda bisa memeriksa rekening listrik dengan meng-copy nomor seri yang ada dalam meteran.

Setelah meng-copy nomor seri tersebut, maka akan muncul data rekening listrik secara lengkap meliputi identitas pemilik dan jumlah tagihan listrik yang harus dibayarkan. Anda dapat memeriksa nama yang tertera dan membayar tagihan listrik sesuai dengan nominalnya.

Jangan cemas ketika nomor ID pelanggan Anda terselip entah ke mana. Jangan khawatir pula jika struk pembayaran sebelumnya yang juga tidak ditemukan. Walau demikian, Anda tetap bisa melakukan cek rekening listrik melalui akses dengan nama pemilik rekening. Beragam cara yang sudah dipaparkan tersebut bisa dipilih sebagai solusi atas persoalan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *