Inilah 10 Rumah Mini Hits Sepanjang 2017

Dewasa ini, konsep keberlanjutan dan efisiensi menjadi dasar yang dipegang para arsitek dalam merancang bangunan, termasuk hunian.

Berikut daftar 10 rumah yang didesain compact atau efisien menyesuaikan lingkungan sekitarnya.

1. PH Lavalleja, Argentina

Studio Argentina Arsitek CCPM berhasil menyesuaikan properti dua lantai dengan dua kamar tidur ini ke lingkungan Buenos Aires yang sudah penuh sesak.

Rumah itu memiliki bermacam-macam atap miring, teras dan jendela berbentuk aneh, semuanya dirancang untuk memaksimalkan ruang dan cahaya yang tersedia.

2. MicroHOUSE, Amerika Serikat

Properti seluas 40 meter persegi ini menyediakan rumah dan studio untuk seorang seniman di desa Vermont.

Studio lokal Elizabeth Herrmann Architecture + Design menginginkan properti tersebut untuk menunjukkan bahwa sebuah “rumah kecil tidak perlu menjadi kotak yang monoton dan kental”.

Fitur sudut cutaway menciptakan teras terlindung, dan interior lapang terang.Studio Vila Olímpia(Dezeen)

3. Studio Vila Olímpia, Brasil

Untuk menciptakan area yang jelas di apartemen seluas 27 meter persegi di São Paulo ini, TRIA Arquitetura merancang tata letak yang sebisa mungkin mudah diadaptasi.

Dinding bata beton berlubang menawarkan pemisahan antara ruang tidur dan ruang tamu, sementara kamar mandi diputar di belakang rana.Proyek SHED, Inggris(Dezeen)

4. SHED, Inggris

Rumah mikro ini adalah salah satu dari beberapa perusahaan manajemen properti yang oleh Lowe Guardians telah dipasang di dalam bangunan kosong di London.

Inisiatif ini dimaksudkan sebagai win-win solution atas akomodasi yang sangat murah sekaligus melindungi tuan tanah dari penghuni liar dan pengacau.

Dirancang oleh London Practice Studio Bark, modul perumahan DIY menawarkan alternatif untuk perwalian tradisional.

5. Xirongxian Hutong China

Rumah hutong Beijing seluas 32 meter persegi dirombak untuk menciptakan rumah modern ini bagi keluarga muda.

Jenis properti dengan halaman tradisional ini biasa mendominasi ibukota China, namun banyak yang telah dihancurkan dalam beberapa tahun terakhir.

Dengan proyek ini, studio China OEU-ChaO telah menunjukkan bahwa tempat tinggal ini dapat disesuaikan dengan gaya hidup kontemporer.

 6. Tiny House di Kobe, Jepang

Rumah di Jepang ini hanya selebar 2,5 meter. Untuk mendapatkan tata letak untuk bekerja di dalam, Arsitek FujiwaraMuro menciptakan atrium yang membawa cahaya ke setiap lantai.

Di dalam, tingkat split membantu untuk menentukan area, sementara penyimpanan built-in membantu kepenghunian seefisien mungkin.

Apartemen London ini hidup kecil sampai yang ekstrem. Dengan luas hanya 13 meter persegi, rumah menggunakan furnitur yang beradaptasi untuk memastikan setiap aktivitas di dalamnya dapat diakomodasi.

Furnitur ini termasuk tempat tidur lipat, meja yang Anda gunakan untuk berdiri, ditambah bangku makan yang dapat diperpanjang dengan bantal merah muda.Muji Hut, Jepang(Dezeen)

8. Muji Hut, Jepang

Tahun ini, raksasa peralatan rumah tangga asal Jepang Muji meluncurkan rumah prefabrikasi dengan luas hanya sembilan meter persegi.

Dengan dinding kayu arang, kabin sederhana ini dimaksudkan agar sesuai di berbagai lokasi, baik yang digunakan sebagai tempat tinggal permanen atau sebagai rumah liburan.

9. Apartemen 5S, Australia

Arsitek Australia Nicholas Gurney menggunakan lemari kayu, partisi geser dan perabotan bergerak yang sudah dipesan lebih dahulu untuk memanfaatkan ruang terbatas di dalam apartemen seluas 24 meter persegi di Sydney ini.

Arsitek mengorganisir rumah menggunakan metode Jepang yang disebut 5S, yang mengikuti lima prinsip: sort, straighten, shine, standardize and sustain (menyortir, meluruskan, bersinar, membakukan dan mempertahankan).

10. Tiny Heirloom, Amerika Serikat

Dinding pendakian menutupi satu sisi rumah mobil kecil yang dibuat oleh oleh perusahaan AS Tiny Heirloom.

Dirancang untuk “berpetualang kemanapun Anda pergi”, rumah mikro dapat ditempelkan di bagian belakang kendaraan seperti trailer dan ditarik ke lokasi yang diinginkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *