Jenis Fitting pada Pipa yang Perlu Anda Kenali

Pipa adalah barang yang sering digunakan oleh setiap orang. Akan tetapi dengan penggunaan pipa yang tidak selalu sama tentunya memerlukan fitting pipa untuk menyambungnya. Entah itu sambungan yang berbentuk seperti apa.

Dalam proses penyambungan pipa tentunya Anda harus memperhatikan betul proses penyambungannya. Terlebih lagi Anda harus mempelajari dahulu sambungan yang akan Anda buat itu bersifat tetap atau akan bersifat sementara. Nah yuk simak artikel yang satu ini tentang jenis fitting yang perlu Anda kenali.

  1. Welded Component

Welded Component atau yang sering disingkat dengan WC adalah fitting yang disambung dengan pipa. Cara penyambungannya menggunakan sistem las atau welding. Proses penyambungan menggunakan metode ini diperuntukkan untuk sambungan yang tetap dan tidak dapat dibuka kembali. Fitting ini memiliki beberapa jenis.

  • Butt-weld (BW)

Fitting ini digunakan untuk keperluan umum. Fitting BW ini cocok untuk pipa yang berukuran besar, dan relabilitasnya yang tinggi. Proses menyambungnya adalah menyatukan setiap ujung sambungan dan diluruskan.

  • Socket-weld (SW)

Socket weld digunakan untuk pipa yang memiliki ukuran yang terbilang kecil. Ujung pada pipa sengaja dibuat rata agar dapat didorong masuk ke dalam fitting-nya. Socket ini memiliki kelebihan dalam hal penyambungan serta pelurusan yang membantunya lebih mudah.

Baca Juga : Tips Menangani Keran Patah dalam Waktu yang Singkat

  • Screwed

Hampir seperti SW, fitting ini dipergunakan untuk pipa yang memiliki ukuran kecil. Pada umumnya fitting ini tidak dipakai untuk proses. Walaupun pressure-temperature memenuhi, SW dan Screwed umumnya berkelas yaitu 2000, 3000, dan 600 PSI.

  • Coupling dan Quick Connector

Fitting ini digunakan untuk koneksi permanen dan bahkan sementara. Bisa dibilang tergantung dengan kondisi service dan jenis sambungannya. Fitting ini sangat cocok dipakai saat perbaikan jalur  serta modifikasi pada proses.

  1. Threaded Comonent

Sering disingkat dengn TC fitting ini disambung pada pipa dengan cara diulir sehingga saat diperlukan bisa dilepas. Fitting jenis ini sambungan bisa dibuka kembali. Sehingga mempermudah untuk proses perbaikan.

Nah itulah jenis fitting pipa yang perlu Anda kenali. Pipa Rucika adalah salah satu merek pipa yang dapat Anda gunakan jika akan menggunakan pipa yang berkualitas. Pipa ini juga mudah jika akan dilakukan fitting.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *