Mengenal Jenis Mata Pancing yang Populer Digunakan Oleh Para Pemancing

Memancing menjadi salah satu aktivitas yang amat menyenangkan sehingga tak heran jika banyak sekali orang yang menjadikan hal ini sebagai hobinya. Bagi mereka yang kurang paham tentang aktivitas memancing, umumnya hanya menganggap jika memancing hanya merupakan aktivitas untuk mendapatkan ikan dan identik dengan menunggu lama. Memang tidak salah, namun sebetulnya memancing juga memberikan tantangan sendiri bagi para penikmatnya. Mata pancing menjadi salah satu benda yang amat penting keberadaannya.

Bagi Anda yang belum begitu mengenal hal penting dalam memancing, maka perlu diketahui jika mata kail ini adalah perlengkapan penting yang wajib ada untuk bisa memancing. Untuk dapat menghasilkan ikan yang didambakan, maka para pemancing harus juga cerdas dalam memilih mata kailnya karena setiap mata kail berbeda-beda fungsinya. Mayoritas mata kail yang ada di pasaran saat ini banyak terbuat dari steel high carbon, stainless steel hingga steel alloyed vanadium.

Bagi Anda yang tertarik membeli mata kail, maka bisa memesannya melalui situs belanja online terkemuka. Namun sebelum membeli, maka pahami dulu beberapa jenis mata kail berikut ini:

  1. Octopus hooks – yang pertama adalah mata kail octopus hooks dimana sudah terkenal akan ketahanan serta kekuatannya. Mata kail yang satu ini hampir bisa dipakai untuk segala bentuk pancingan sehingga bisa jadi pilihan Anda.
  2. O’shaughnessy hooks – Untuk mata kail ini adalah tradisi bagi para pemancing di air asin. Biasanya mata kail ini sesuai digunakan sehingga bisa menyangkut ragam jenis umpan apapun.
  3. Baitholder Hooks – Biasanya mata kail ini sangat populer untuk bisa memasangkan umpan berupa cacing dan katak. Hal ini lantaran di bagian mata kailnya memiliki tambahan detil seperti jarum sehingga umpan yang licin sekalipun tidak takut lepas.
  4. Livebait hooks – mata kail ini kerapkali digunakan dalam pancingan laut memakai umpan hidup. Namun mata kail ini pun bisa juga memancing toman memakai umpan hidup.
  5. Weedless hooks – melihat dari bentuknya mungkin mata pancing yang satu ini sedikit berbeda. Fungsinya sendiri adalah untuk bisa pancingan toman yang menggunakan umpan katak.
  6. Siwash hooks – Untuk mata kail selanjutnya adalah mata kail yang seringkali digunakan untuk memancing di air asin. Mata kail ini pun kerap dipakai untuk mengganti mata tiga di tongkat pancingnya.
  7. Walleye wide gap hooks – untuk mata kail ini memang lumayan ringan jika dibandingkan dengan jenis mata kail lainnya. Namun jangan salah dengan kekuatannya karena di dalamnya memiliki kekuatan tambahan dimana sesuai untuk pancingan umpan yang hidup. Anda bisa menggunakannya baik di air asin maupun tawar.
  8. Single egg hooks – untuk mata kail yang berduri di bagiannya ini akan sesuai untuk memasang umpan jenis apapun sehingga umpan bisa erat di genggaman mata kail.
  9. Soi hooks – Mata kail ini tidak terlalu panjang namun dibuat secara khusus untuk bisa memancing ikan dengan menyedut umpanya serta tak memiliki gerigi tajam.
  10. Wormhooks – Mata kail yang satu ini memiliki kekhususan dimana memakai gulp ataupun soft plastic untuk umpanya.

Itulah beberapa jenis mata kail yang perlu Anda ketahui. Kini semua mata pancing tersebut bisa dengan mudah Anda pesan di situs belanja online sehingga bisa langsung Anda dapat di rumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *